Dukungan Erles Rareral, S.H., M.H. pada Komunitas Jurnalis Jawa Timur

Advertisement

Dukungan Erles Rareral, S.H., M.H. pada Komunitas Jurnalis Jawa Timur

Minggu, 19 Juli 2020

 



KOMUNITASJURNALISJATIM.COM. SURABAYA – Pakar hukum kondang Erles Ray Rego Raja Laka, S.H., M.H. mengapresiasi keberadaan komunitas jurnalis se-Jawa Timur.

Pria gagah yang karib disapa Bang Erles Rareral ini, merasa terpanggil untuk mendampingi rekan-rekan jurnalis yang rentan berhadapan dengan persoalan hukum.

Saat bertatap muka dengan perwakilan Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) di Sidoarjo, Sabtu (18/07/20), Erles Rareral salut terhadap kekompakan rekan-rekan jurnalis. Ia mendukung penuh program KJJT. Terutama soal pelatihan jurnalistik.

Menurut Erles, pelatihan jurnalistik perlu dilakukan agar karya yang diciptakan para jurnalis bisa dipahami masyarakat.

Hal itu juga bisa untuk menghindari permasalahan hukum di kemudian hari.

Rekan jurnalis, katanya, juga harus aktif dalam kegiatan komunitas. Seperti pelatihan dan sinau bareng yang sudah berjalan selama ini.

“Tentunya para senior wartawan juga harus ikut berpartisipasi untuk menurunkan ilmunya kepada rekan wartawan yang masih banyak belajar,” ungkapnya.

Erles juga siap menjadi penasehat hukum sekaligus kuasa hukum KJJT jika terjadi ada permasalahan hukum kepada rekan-rekan jurnalis yang tergabung di KJJT.

“Jika ada permasalahan hukum karena karya tulisan atau ada kawan-kawan wartawan yang merasa profesinya dilecehkan, saya siap menjadi pendamping sebagai kuasa hukum wartawan dan akan mengusut tuntas,” ungkap Erles.

Ketua KJJT Ade Maulana menyampaikan terima kasih atas waktu yang disediakan rekan-rekan jurnalis di Sidoarjo hingga membuat Erles Rararel puas.

“Ini suatu kehormatan bagi pengacara Erles Rareral dan KJJT untuk saling mendukung program-program ke depan KJJT,” tegas Ade.

Tidak hanya itu, lanjut pihak Erles Rareral yang tengah menangani kasus PT. Zangradi Prima di Pengadilan Negeri Surabaya, siap mem-back up langkah hukum rekan KJJT bila diperlukan.

“Meski dengan kesibukan beliau menangani perkara yang ditanganinya, beliau siap menjadi kuasa hukum rekan jurnalis yang tergabung di komunitas ini,” jelasnya.

Untuk itu, Ade berharap rekan jurnalis yang tergabung di KJJT selalu aktif dalam program-program yang sudah berjalan.

Pertemuan tersebut dihadiri wakil dari KJJT juga rekan dari berbagai media. Juga turut hadir Ketua Komunitas Jurnalis Sidoarjo Barat (KJSB) H. Edy R.A Tarigan SH. MH. (*)

Penulis : Abdul Muis